Cara Kerja dan Fungsi Satelit

Cara Kerja dan Fungsi Satelit – Jaringan telekomunikasi dengan satelit dapat menjangkau wilayah yang sulit dijangkau oelh jaringan kabel maupun wireless konvensional. Saat ini, perusahaan-perusahaan yang terletak didaerah sulit terjangkau telekomunikasi kabel telah memanfaatkan tekonologi satelit VSAT (Very Small Aperture Terminal).

Cara kerja satelit secara konvensional, adalah dengan mengirimkan sinyal dari komputer dan direlai oleh satelit tanpa dilakuakan pemrosesan dalam satelit. Protokol yang digunakan adalah protokol X.25 yang mengatur proses komunikasi antara dua komputer dalam jaringan. Kelemahan metode ini adalah komputer yang terhubung langsung dengan satelit harus bekerja terus menerus selama 24 jam. Jika salah satu komputer dimatikan, hubungan ke komputer tersebut akan terputus. Keuntungan metode ini adalah satelit komunikasi konvensional dapat digunakan tanpa perlu dilakukan modifikasi.

Secara sistem online, jaringan komputer akan sangan terbantu jika komputer yang terdapat dalam satelit dilibatkan dalam proses komunikasi antarkomputer di permukaan bumi. Komputer dalam satelit berfungsi untuk menyimpan sementara informasi yang dikirim, yang secara otomatis dapat dilakukan. Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi komputer penerima di bumi belum siap menerima data, data akan disimpan dalam satelit. Dengan kata lain, satelit berfungsi sebagai kotak pos elektronis ruang angkasa. 
Previous
Next Post »

2 komentar

  1. interesting articles and commentaries friend, I became interested in reading, I introduce a new blogger from Indonesia origin. greetings

    BalasHapus