Sejarah Perkembangan Perangkat Lunak

Sejarah Perkembangan Perangkat Lunak – Komputer memproses data menjadi sebuah atau beberapa informasi yang berguna. Dengan komputer pula, diharapkan dapat mempermudah dan meningkatkan hasil kerja, serta mampu memecahkan berbagai masalah.Namun tahukah anda sejarah perkembangan perangkat lunak? Pengertian perangkat lunak?

Perangkat Lunak adalah program yang berisi instruksi untuk melakukan pengolahan data.Perangkat keras yang anda miliki (komputer dll) tidak akan berfungsi tanpa adanya sebuah perangkat lunak. Begitu pula sebaliknya, perangkat lunak tidak akan bias berfungsi dengan baik jika tidak adanya sebuah perangkat keras.Perangkat lunak dan perangkat keras bagaikan seorang manusia dengan manusia yang lain. Manusia tidak akan bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Dari penjelasan tadi dapat kita simpulkan bahwa kedua perangkat tersebut memang saling berkaitan satu sama lain, sehingga komputer bias berfungsi sebagaimana mestinya.

Bentuk paling sederhana dari perangkat lunak adalah menggunakan aljabar Bolean, yang di representasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar) atau 0 (salah). Cara ini tentu sangat menyulitkan sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (16 bit) dan double word (32 bit). Kelompok – kelompok bit ini disusun ke dalam struktur instruksi, seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmarika, dan operasi logika. Bentuk bit ini diubah menjadi kode-kode yang disebut assembler.
Kode – kode mesin sendiri masih cukup menyulitkan kita, karena tuntutan untuk dapat menghafal kode tersebut dan format atau aturan penulisannya cukup membingungkan. Dari masalah ini kemudian lahir bahasa pemrograman tingkat tinggi yang seperti bahasa manusia (bahasa Inggris). Saat ini, pembuatan perangkat lunaksudah menjadi proses produksi yang sangat kompleks dengan urutan proses yang panjang dan melibatkan ratusan orang dalam pembuatannya.

Berdasarkan perkembangannya hingga sekarang, perangkat lunak dibagi menjadi beberapa era, sebagai berikut.

1.  ERA PEMULA ( PIONIR)

Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar-bagian dalam sebuah komputer. Cara mengakses komputer adalah dengan menggunakan punched card, yaitu kartu yang dilubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung oleh sebuah program untuk sebuah mesin dengan tujuan tertentu.

2. ERA STABIL

Pada era ini, penggunaa komputer sudah banyak dipakai, tidak hanya di kalangan peneliti dan akademisi saja, tapi juga sudah digunakan oelh kalangan industry atau perusahaan. Perusahaan perangkat lunak kemudian banyak bermunculan. Perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi. Baris-baris perintah perangkat lunak yang dijalankan oleh komputer tidak lagi satu demi satu lagi, tetapi sudah seperti banyak proses yang dilakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu enyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat, tepat atau langsung (real time). Pada era stabil ini juga sudah mulai dikenal system basis data yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang diproses).

3. ERA MIKRO

Sejalan dengan marak berkembangnya informasi dan semakin luasnya jaringan komputer, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan.Perangkat lunak juga dapat dibedakan menjadi perangkat lunak system yang bertugas menangani penggunaan internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu. Otomatisasi (peralatan yang bekerja secara otomatis) yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan (artificial intelligence).

4. ERA MODERN

Pada saat ini, perangkat lunak sudah bisa kita temukan di mana – mana. Tidak hanya pada terdapat pada sebuah super komputer dengan 25 prosesor saja, sebuah komputer genggam pun telah dilengkapi dengan berbagai perangkat lunak yang dapat disinkronkan dengan sebuah PC atau komputer. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon,TV,hingga mesin cuci, AC (Air Conditioner), dan microwave telah ditanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan tersebut. Pembuatan sebuah perangkat lunak tidak lagi pekerjaan segelintir orang, tapi telah menjadi pekerjaan yang  bisa dilakukan oleh banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan perangkat lunak pun semakin meningkat pula.

Semoga informasi tentang sejarah perkembangan perangkat lunak di atas dapat bermanfaat. Terima kasih. Lihat lagi artikel yang lain :
Previous
Next Post »

1 komentar