Keunggulan/Kelebihan dan Kelemahan Jaringan Nirkabel (Wireless)

Minggu, 28 Juli 20131komentar

Keunggulan/Kelebihan dan Kelemahan Jaringan Nirkabel (Wireless) - Seiring dengan kecanggihan teknologi informasi, untuk membangun sebuah jaringan komputer dapat dimungkinkan tanpa menggunakan kabel (nirkabel). Pengganti kabel sebagai penghubung dapat digunakan gelombang radio, sinar inframerah , bluetooth, dan gelombang mikro. Komputer mobile seperti notebook merupakan komputer yang dapat digunakan pada jaringan nirkabel.

Berikut ini keunggulan dan kelebihan jaringan nirkabel (Wireless).

  •  Mobilitas

Jaringan nirkabel atau wireless menyediakan akses secara real time kepada pengguna LAN di mana saja selama berada dalam batas aksesnya.
  •  Kecepatan instalasi

Proses instalasi jaringan ini relatif lebih cepat dan mudah karena tidak membutuhkan kabel yang harus dipasang sebagai penghubung.
  •  Fleksibilitas tempat

Jaringan nirkabel sangat fleksibel terhadap tempat, berbeda dengan jaringan kabel yang tidak mungkin dipasang tanpa adanya kabel.
  • Biaya pemeliharaan dan pemindahan lebih murah

Jika terjadi perpindahan tempat, anggaran biaya dapat ditekan walaupun investasi awal pada jaringan nirkabel ini lebih besar biayanya daripada jaringan kabel. Biaya instalasi dapat diperkecil karena tidak membutuhkan kabel dan biaya pemeliharaannya pun lebih murah.
  • Kemampuan jangkauan

Konfigurasi jaringan dapat diubah dari jaringan peer to peer untuk jumlah penggunan yang sedikit menjadi jaringan infrastruktur atau yang lebih banyak lagi. Bahkan, jaringan ini, bisa mencapai ribuan pengguna yang dapat menjelajah dengan jangkauan sangat luas.

Seperti halnya manusia, jaringan nirkabel tidak hanya mempunyai kelebihan tapi juga kelemahan. Beriku ini adalah beberapa kelemahan dari jaringan nirkabel:

1. Transmisi data hanya 1-2 Mbps, yang jumlahnya jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan jaringan yang memakai kabel.
2. Transmisi data dari komputer berbeda dapat saling mengganggu.
3. Biaya peralatan yang mahal.
4. Adanya delay yang besar.
5. Adanya masalah perambatan radio, seperti terhalang, terpantul, dan banyak sumber interferensi.
6. Kapasitas jaringan memiliki keterbatasan yang disebabkan spektrumnya tidak besar (pita frekuensinya tidak dapat diperlebar)
7. Keamanandata atau kerahasiaan data kurang terjamin.
8. Sinyalnya putus-putus (intermittence) yang disebabkan oleh adanya benda yang menghalangi sinyal.

Share this article :

• Add komentar • 1 komentar

13 April 2016 19.25

sangat membantu sekali thanks
salam www.rajalistrik.com

Posting Komentar

 
Member Of Komunitas Blogger Wajo - Template Original By Creating Website - Modified by Albab Gunawan
Copyright © 2013. Besok Lagi aja - All Rights Reserved