Pengertian Internet


Pengertian Internet - Internet singkatan dari Internasional Networking atau Interconnecting Networking. Dari segi istilah, definisi internet berarti sebuah jaringan komputer global yang menghubungkan jutaan komputer di seluruh dunia, sehingga setiap komputer yang terkoneksi di dalamnya dapat berkomunikasi atau bertukar informasi/data tanpa dibatasi oleh jarak, waktu, dan tempat.

Secara Fisik dianalogikan seperti jaring laba-laba (The Web)  yang menyelimuti bola dunia, yang terdiri dari node (titik-titik) yang saliung berhubungan antara satu dengan lainnya. Node bisa berupa komputer atau jaringan lokal, sedangkan garis penghubung antaraa simpul disebut sebagai tulang punggung (backbone) yaitu media komunikasi terestrial (kabel, serat optik, microwave, radio link) maupun satelit. Node terdiri dari pusat-pusat informasi dan database, komputer dan perangkat interkoneksi jaringan serta peralatan yang dipakai pengguna untuk mencari, menempatkan atau bertukat informasi di Internet.

Internet juga bisa dipandang sebagai sebuah kota elektronik yang sangat besar dimana setiap penduduknya memiliki alamat (Internet Address) yang dipakai untuk bertukar informasi. Jika penduduk itu ingin mengelilingi kota elektronik tersebut, cukup dengan memakai browser sebagai kendaraan.

Walaupun internet adalah interkoneksi antar-komputer global, namun internet merupakan gudang informasi tanpa batas. Internet dapat dibayangkan sebagai databse atau perpustakaan multimedia yang sangat besar dan lengkap. Bahkan internet dianggap duplikasi dunia riel dalam bentuk "maya".
Previous
Next Post »
0 Komentar