Macam-Macam Port Sistem Unit (Console)

Macam-Macam Port Sistem Unit (Console) - Satu unit komputer terdiri atas CPU, monitor, keyboard, dan mouse. CPU merupakan sistem unit atau console yang memiliki beberapa port. Port pada komputer berfungsi sebagai antarmukaantara  sebuah komputer dengan komputer atau dengan perangkat lain.Untuk memasang port sesuai dengan posisinya, berikut ini macam-macam port console.

1. Port Serial



 Port serial juga disebut port RS-232. Port ini memiliki 9 pin dan digunakan untuk menghubungkan joystick, mouse dan modem eksternal.

2. Port Paralel




Port Paralel juga biasa disebut dengan port DB-25. Port ini memiliki 25 pin. Perusahaan yang memperkenalkan port ini adalah Centronic. Oleh karena itu port ini juga biasa disebut Centronic Port.

3. Port Serial Type 2 (PS/2)


Port ini memiliki 6 pin. Port ini digunakan untuk menghubungkan keyboard dan mouse. Port ini diperkenalkan pada tahun 1987. Untuk port keyboar berwarna ungu dan untuk port mouse berwarna hijau.

4. Universal Serial Bus (USB)


Universal Serial Bus atau sering kita sebut USB ini merupakan port multifungsi  yang dapat digunakan pada beberapa perangkat atau periferal seperti mouse, keyboard , modem , dan card wireless. Port ini dikembangkan oleh Ajay Bhatt ketika bekerja untuk perusahaan intel. Anda pasti sudah mengenal port ini, karena hampir semua PC atau laptop mempunyai port ini. Jumlah level USB hub yang tersusunu maksimum 5 tingkat, sedangkan jumlah USB device yang dapat terkoneksi ke sebuah pengontrol USB maksimum sebanyak 127 buah.

5. Port Jaringan



Sama dengan namanya, port jaringan berfungsi untuk mengubungkan komputer dalam jaringan. Ada 2 jenis port yang biasanya terpasang pada komputer, yakni port jaringan RJ-45 yang memiliki 8 pin dan port modem RJ-11 yang memiliki 4 pin.

6. Port Audio


Port Audio adalah port yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan pengeras suara, mikrofon, dan peralatan audio lainnya. Port ini umumnya terdiri atas 3 warna dan fungsi yaitu warna biru untuk audio line in, warna hijau muda untuk audio line out, dan warna merah muda untuk mikrofon.

7. Port Ekspansi

 Port yang digunakan untuk menambahkan perangkat-perangkat seperti VGA card, audio card, LAN card, TV Tunner, dan Firewire. Port ekspansi terletak pada mainboard komputer dan terdiri atas beberapa jenis, yaitu ISA (Industry Standard Architecture), PCI (Peripheral Component Interconnect),PCI Express (Peripheral Component Interconnect Express), dan AGP (Accelerated Graphics Port).

8. Port VGA



Port ini terdiri dari 15 pin dengan susunan 3 baris yang berfungsi untuuk menghubungkan monitor atau proyektor.
First
0 Komentar